Rss

Senin, 20 Februari 2012

Dinas Ciptaruk Harapkan Alat Pemilah Sampah

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di jepara, terus mendapatkan perhatian khusus Dinas Cipta Karya Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan (Ciptaruk) Jepara. Dinas Ciptaruk berharap bisa mendapatkan alat pemilah sampah yang diajukan ke pihak swasta. Kepala Dinas Ciptaruk Jepara Suyatno menjelaskan pemilah sampah itu bisa memilah sampah organik dan sampah anorganik. ’’Sampah organik yang datang langsung dijadikan pupuk kompos. Kalau yang anorganik perlu alat untuk menjadikan butiran-butiran kecil yang bisa digunakan seperti batu bara”.

Dengan adanya alat pemilah sampah itu akan memberikan manfaat ganda
bagi Jepara. . Pertama, akan mampu menekan jumlah sampah yang masuk ke TPA. Kedua, keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan sampah akan menaikkan penilaian untuk mendapatkan penghargaan Adipura. ’’Selain PLTU, kami juga mengajak pihak swasta yang lain untuk ikut terlibat dalam pengelolaan lingkungan agar pencemaran dapat dikurangi.

Setelah diajukannya alat tersebut mereka tinggal menunggu penandatanganan memorandum of understanding atau MoU. ’’Kami harapkan akhir Februari ini penandatanganan MoU sudah terjadi sehingga pengadaan barang bisa segera dilakukan”.



0 komentar:

Posting Komentar