Rss

Senin, 20 Februari 2012

Hidup sederhana bermakna bagi kehidupan

Hidup masyarakat kecil memang serba sederhana. Dari kesederhanaan, mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan dengan cara mengais sampah-sampah/barang bekas, yang mana sampah tersebut dikumpulkan sedikit demi sedikit. Pemulung adalah pahlawan lingkungan hidup. Dan pekerjaan tersebut tentunya membersihkan lingkungan dari sekitar tempat tinggal maupun tempat beraktifitas kita .
Samapah-sampah yang dikumpulkan berupa sampah plastik, kardus, botol air mineral, kertas koran dan besi-besi bekas. Dengan kekuatan dan kesabaran mereka bersemangat tanpa mengenal panas, hujan dan lelah. Semestinya pmulung itu pahlawan yang jasanya sangat besar bagi kehidupan. Tetapi masyarakat memandang pekerjaan memulung itu tidak ada harganya. Betapa mulianya pekerjaan mereka setiap hari bergelut dengan sampah yang baunya tidak sedap sehingga mereka menghiraukan kesehatannya sendiri demi memenuhi kebutuan keluarganya.
Peduli terhadap pemulung itu penting, karena mereka juga membantu kita mengurangi sampah yang ada di sekitar kita. Kumpulkan barang-barang yang kita anggap sudah tidak berguna, kemudian serahkan pada pemulung untuk diolah kembalimenjadi barang yang berguna lagi. Dengan cara tersebut kita sudah peduli dengan lingkungan dan lingkungan pun menjadi bersih. Sebagaimana pula kita telah menolong pemulung dalam mencari rizki.
Tanpa mereka bagaimana hidup masa depan generasi-generasi kita ? dan apa yang terjadi dengan lingkungan kita ?. Mari kita kembali memandang masyarakat kecil dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

0 komentar:

Posting Komentar